Yuk, Latih Kembali Skill Negosiasi Kita.. - Pranala Magni Daya

Yuk, Latih Kembali Skill Negosiasi Kita..

Tanpa disadari negosiasi dilakukan setiap hari di lingkungan kerja kita. Negosiasi yang dilakukan seperti negosiasi dengan customer untuk aktivitas penjualan, dengan perusahaan rekanan untuk kerjasama, hingga negosiasi dengan teman-teman kantor untuk pilihan tempat makan siang. Seringkali kita menganggap aktivitas negosiasi ini tidak terlalu penting karena terjadi hampir setiap harinya. Padahal negosiasi butuh skill dan dengan negosiasi yang baik kita bisa mendapatkan hal yang baik. Dengan negosiasi yang baik para karyawan bisa mendapatkan kenaikan gaji, perusahaan bisa mendapatkan kerjasama dengan nilai yang bagus dengan perusahaan rekanan dan seorang penjual bisa membuat customer membeli produkya. Seperti apa saja sih skill negosiasi yang bisa dilakukan oleh para karyawan atau profesional setiap harinya ?

1. Supaya bisa bernegosiasi dengan lancar sebaiknya kita melakukan persiapan terlebih dahulu, misalnya sebelum meeting dengan perusahaan rekanan sebaiknya kita membaca dahulu profil singkat perusahaan tersebut dan apa saja aktivitasnya.

2. Mendengarkan, saat bernegosiasi sebaiknya kita mendengarkan secara aktif yaitu dengan memahami apa yang orang sampaikan agar kita paham dan bisa memberikan pendapat.

3. Menganalisa masalah dan memberikan solusi, supaya negosiasi lebih efektif maka sebaiknya kita sudah memiliki kemampuan untuk menganalisa masalah dan menentukan keperluan setiap pihak yang terlibat.

4. Mampu mengontrol emosi, ini merupakan hal yang penting dalam bernegosiasi. Seseorang yang dapat mengontrol emosinya disaat negosiasi berjalan dengan alot sekalipun maka besar kemungkinannya akan menghasilkan sesuatu yang bagus.Kom

5. Kemampuan komunikasi verbal dan non-verbal, seorang negosiator wajib mempunyai skill komunikasi yang jelas dan efektif agar pihak lain mudah memahami apa yang kita sampaikan.

6. Menggunakan rasional, ketika menyampaikan pendapat kita harus menggunakan rasional yang baik. Hindari untuk menyanggah tanpa mencerna baik-baik saat lawan bicara menyampaikan argumen.

Latih kemampuan bernegosiasi Anda setiap harinya, karena negosiasi tidak dapat dipelajari hanya dengan membaca teori.

pranalatraining.co.id
Corporate Training, Konsultan, Seminar, Workshop, Outbound dan Event Organizer

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*