Tetap Fokus Di Kantor - Pranala Magni Daya

Tetap Fokus Di Kantor

Beberapa waktu lalu kami sempat menuliskan sebuah artikel tentang “HADIR”. Apanya yang hadir? Tentunya hadir jiwa dan badannya. Jangan sampai hanya salah satunya saja yang hadir. Hadir jiwanya, tak bisa terbayangkan bahwa ada yang hadir disekitar kita entah itu di kelas, tepat kerja, atau dimanapun ketika yang hadir hanya jiwanya. Atau bahkan hanya hadir badannya. Sering sekali kita menglami keadaan dimana ketika dikantor, namun fikirannya entah ada dimana. Itulah yang namanya hadir hanya jiwanya saja.

Nah ketika tidak HADIR jiwa dan badannya ini juga menjadi salah satu penyebab kita sering tidak fokus di Kantor. Untuk tetap fokus saat berada di kantor adalah sebuah tantangan tersendiri, karena sejatinya, musuh terbesar manusia adalah dirinya sendiri karena sering terlena dengan hal yang lebih mengasyikan dibandingkan menyelesaikan tanggung jawab. Dan tentunya hal ini membuat pekerjaan jadi terlantar.

Maka HADIR menjadi salah satu kunci untuk Sahabat bisa fokus bekerja saat di kantor. Sahabat, Anda perlu hadir seutuhnya, BADAN Anda, FIKIRAN Anda, PERASAAN anda, JIWA anda, HADIR SEKARANG. Hadir dalam bahasa islam artinya khusyu’.

Agar Sahabat lebih mudah untuk HADIR jiwa dan badannya saat akan memulai pekerjaan, cobalah beberapa tips ini:

1. Mulailah dengan Niat, mulailah lebih awal. Datanglah lebih awal dari jam kantor sehingga Sahabat dapat menggunakan waktu untuk beristirahat dari perjalanan ke kantor yang mungkin macet hingga segar kembali dan siap melakukan pekerjaan. Berdoalah dan hadirkan badan, pikiran, perasaan serta jiwa di kantor sejak pagi hari.

2. Pergunakan manajemen waktu, tuliskan daftar hal-hal yang perlu diselesaikan pada hari ini dan buat skala prioritasnya. Aktivitas seperti browsing online-shop, cek sosial media hanya untuk mengetahui kabar teman, atau bahkan membalas pesan chat di grup dengan obrolan yang seru dapat menjadi trigger untuk kemalasan dan tertundanya menyelesaikan tanggung jawab Anda. Maka latih diri Anda untuk dapat berbagi waktu.

3. Hindari penundaan, jangan menggunakan kata “Ah, nanti saja.” “Ah, itu gampang”. Karena kata tersebut bias membuat Anda malas dan memaklumkan diri untuk melakukan hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

4. Power Break, cobalah sisakan waktu 5-10 menit setiap 60 atau 90 menit bekerja untuk istirahat, memejamkan mata sesaat dan meregangkan badan. Hal ini bisa membantu Anda lebih produktif

Semoga sahabat semua bisa benar-benar hadir dan produktif di kantor ya. Berikan yang terbaik dengan Nilai terbaik yang ada dalam diri sahabat semua.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*