Terlibat Konflik Dengan Rekan Kerja? Segera Cari Solusinya

Terlibat Konflik Dengan Rekan Kerja? Segera Cari Solusinya

Terlibat Konflik Dengan Rekan Kerja? Segera Cari Solusinya

Kemampuan untuk Menahan Diri Dapat Menyelesaikan Konflik di Lingkungan Kerja

Senin hingga Jumat sebagian orang menghabiskan waktu di tempat kerja mungkin salah satunya Anda. Tanpa disadari hari-hari kita lebih banyak diisi oleh rekan kerja, atasan dan orang-orang yang berhubungan dengan kantor atau perusahaan. Setiap hari kita akan bertemu dan berkomunikasi dengan orang-orang tersebut, maka jika suatu hari ada kesalah pahaman antar rekan kerja adalah hal yang wajar. Namun jika tidak segera dicari solusinya ini bisa berdampak negatif kepada kinerja dan aktivitas Anda di kantor.

Hindari sikap saling tidak berteguran apalagi saling sindir di media sosial karena selain Anda dan rekan Anda akan ada banyak orang yang akan terganggu dengan hal ini. Sikap yang pertama kali dapat Anda ambil adalah “menahan diri” kemudian Anda dapat mengambil cara-cara berikut ini untuk menyelesaikan konflik Anda:

  1. Tunggu sampai perasaan Anda tenang cobalah menjauh sejenak dari orang yang telah membuat Anda kesal.
  2. Belajar memahami perasaan orang lain agar Anda terhindar dari tindakan yang kontra produktif.
  3. Tetap bersikap profesional untuk hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Disini Anda di challenge untuk bersikap dewasa dimana Anda harus bisa bekerja sama dengan orang yang terlibat konflik.
  4. Kibarkan bendera kedamaian, ajak ngobrol dan diskusi rekan kerja Anda yang terlibat konflik guna mendapatkan jalan keluarnya.
  5. Selain konflik apakah ada masalah lain yang membuat Anda memiliki masalah dengan orang tersebut? coba renungkan kembali, jangan menjadi orang yang pendemdam walau terkadang memafkan itu sulit. Hidup kita akan lebih tenteram jika setiap masalah dapat segera diselesaikan.

 

By Tim Pranala Training

Sources: Enterpreneur.com and Forbes.com

 

 

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*