Teknik Komunikasi Bisnis yang Efektif

Teknik Komunikasi Bisnis yang Efektif

Teknik Komunikasi Bisnis yang Efektif

Dalam Dunia Bisnis Komunikasi Menjadi Hal yang Utama, Dengan Komunikasi Yang Baik Semua Pekerjaan Akan Berjalan Lancar

Tahukah Anda bahwa komunikasi dapat menjadi senjata utama dalam dunia bisnis dan pekerjaan. Jika saat ini Anda merasa masih belum hebat dalam berkomunikasi maka jangan khawatir karena kemampuan ini dapat Anda pelajari. Kemudian sebaiknya kita terus mengikuti perkembangan dan peka terhadap perkembangan zaman agar skill kita dalam berkomunikasi terus menjadi baik dan dapat mendukung bisnis dan pekerjaan kita. Sedikit langkah-langkah dalam berkomunikasi yang efektif di dunia bisnis:

  1. Memperhatikan dan Mendengarkan

Lawan bicara Anda akan merasa lebih nyaman karena Anda fokus serta mau mendengarkan pembicaraannya, ketika kita ingin didengar oleh orang lain sebaiknya kita juga mau mendengarkan orang lain. Kemudian cara ini juga akan membuat komunikasi menjadi lebih efektif. Tantangan akan selalu datang disetiap kesempatan komunikasi namun anda tidak perlu takut karena dengan fokus dan memperhatikan maka Anda akan naik kelas ke tingkat komunikasi bisnis yang lebih tinggi.

  1. Kenali Lawan Bicara Anda

Saat sedang berkomunikasi hendaknya Anda mengetahui siapa lawan bicara Anda karena ini akan mempengaruhi respon dan strategi pendekatan yang akan kamu jalankan pada saat komunikasi atau negosiasi bisnis berlangsung.

  1. Miliki Kemampuan Menyimpulkan Penjelasan Orang Lain

Setiap orang memiliki gaya komunikasi yang berbeda-beda mulai dari yang suka berbasa-basi hingga yang bicara apa adanya. Disini Anda harus belajar menangkap maksud utama lawan bicara Anda. Ada dua cara untuk dapat menyimpulakan penjelasan orang lain yaitu: fokus mendengarkan dan memperhatikan gestur tubuhnya.

  1. Bicara Jujur

Hendaknya saat berkomunikasi kita harus menyampaikan segala sesuatunya berdasarkan fakta yang ada, kemudian tema pembicaraan kita pun harus jelas. Terkadang ditengah obrolan mungkin kita atau lawan bicara kita mulai melantur ke arah yang kurang tepat maka kita harus cepat sadar dan kembali ke topik utama.

  1. Gunakan Gestur dan Mimik yang Tepat

Anda harus menjaga gestur serta mimik saat berbicara pada orang lain, seperti contohnya saat calon klien Anda menyetujui untuk bekerjasama dengan perusahaan Anda, sebaiknya Anda mengucapkan sesuatu dengan senyuman namun tidak perlu berlebihan karena ini juga akan mempengaruhi manner kita didepan orang lain.

  1. Jangan Mendikte

Urusan bisnis berbeda dengan sesi belajar dikelas atau pelatihan, Anda mungkin saja tidak mengetahui bahwa lawan bicara Anda ternyata adalah orang yang telah memiliki banyak pengalaman. Dalam menyampaikan pembicaraan gunakanlah bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti serta sampaikan dengan jelas tujuan bisnis atau kerjasama Anda.

Demikian langkah-langkah dalam menjalankan komunikasi bisnis, cara ini dapat sahabat terapkan di kantor, lingkungan komunitas ataupun saat bertemu klien Anda. Success for You!

By Tim Pranala Training

Source: rasmussen.edu & eztalks

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*