Stretching 36 Jam - Pranala Magni Daya

Stretching 36 Jam

Di akhir pelatihan Self Awareness (WISE-Q Training) Saya selalu mengajak peserta untuk melakukan stretching actiON dalam waktu 36 jam. Setelah pelatihan, para peserta semangat, termotivasi dan siap menggapai impian-impian mereka. Sayang sekali kalau tidak dilanjutkan dengan sebuah actiON.

ActiON ini perlu yang stretching, yang membuat badan, pikiran, perasaan bahkan jiwa ketarik, sehingga mampu secara bertahap melakukan yang lebih nantinya. Menurut Albert Einstein, hanya orang-orang gila yang mengharapkan hasil berbeda dengan cara-cara yang sama. Artinya perlu yang tidak biasa atau bahkan belum pernah dilakukan, yang istimewa, yang dilakukan sepenuh hati. Toh baru dapet suntikan semangat dari pelatihan, dapet dukungan teman-teman dan fasilitator.

Stretching bukan berarti hal yang tidak mungkin dilakukan, tapi memang butuh niat dan usaha khusus. Bisa juga actiONnya tidak berhubungan langsung dengan goals para peserta tapi bisa jadi itulah yang perlu dilakukan agar goals bisa tercapai. Misalnya ada pelajar yang kamarnya berantakan banget dan tidak pernah dibereskan sendiri, bisa jadi stretching dia adalah merapikan kamarnya sendiri. Atau ada juga mahasiswa yang sudah menunda-nunda sekian lama untuk mengerjakan skripsinya, stretching dia adalah mengerjakan 10 halaman dalam 36 jam tersebut.

Pilihan actiON tetap ada pada peserta, selama itu stretching. Saya ingat salah satu stretching yang saya lakukan setelah mengikuti pelatihan adalah bicara hati ke hati dengan papa saya. Itu adalah hal yang tidak biasa saya lakukan, dan butuh keberanian besar. Tapi hasilnya, WOW, saya bisa jauh lebih dekat dengan papa saya.

Kini setelah baru saja memberikan WISE-Q Training kemarin di Lembang untuk SUDINKES JAKUT, sebagai seorang trainer yang ingin terus belajar menjaga integritas, saya memberanikan diri stretching 36 jam yaitu menulis. Untuk Anda, Sahabatku tersayang, menulis bisa jadi adalah hal biasa. Tapi bagi Saya, menulis itu stretching banget. Ini adalah pertama kali saya menulis artikel/blog. Saya sering beralasan, sebagai orang auditorial kelemahan saya adalah menulis. Makanya kesentil banget pada saat TBnC diingatkan Papa Jamil bahwa kartu nama Trainer adalah Buku. Saya gak punya padahal saya udah pernah ikut kelas Bunda Sofie….maafkan anakmu ini Papa n Bunda. Semoga ini menjadi awal saya menulis.

Sahabatku tersayang, kalau Anda termotivasi, karena Anda baca buku yang kerON atau setelah training, atau mendapatkan insight baru, segera Take ActiON! Apa yang stretching, yang menantang Anda? Dan Anda tahu, kalau Anda melakukannya, hidup Anda akan berubah. Mana mungkin berjalan 1000 mil tanpa langkah pertama? Doa dan cinta saya untuk Anda semua.

Salam Sukses Mulia – AYO RUARR BIASAAA!!!

@BangWirzal – Self Awareness Coach – Pranala Magni Daya #IndonesiaCerdas

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*