Seperti inilah Ciri Pemimpin Sejati

Seperti inilah Ciri Pemimpin Sejati

Banyak orang mengaku sebagai pemimpin, tapi sebenarnya ia tidak bisa memimpin, dan hanya bisa menjadi pimpinan yang suka memerintah. Padahal, pemimpin sejati tidaklah seperti itu. Pemimpin yang sejati seharusnya bisa memberikan contoh, bukan sekadar perintah, pemimpin yang sejati juga seyogyanya mendampingi, bukan hanya asal perintah ini dan itu.

Pemimpin sejati memang sulit ditemukan karena pemimpin yang sejati tidaklah memikirkan diri sendiri. Yang ia pikirkan adalah orang-orang yang dinaungi dan berada di bawah tanggung jawabnya sebagai pemimpin.

Menjadi pemimpin memang tidaklah mudah, akan selalu ada konflik yang terjadi antar karyawan, dan ini harus dihadapi oleh pemimpin. Salah satunya adalah dengan tidak memihak salah satu karyawan.

Pemimpin yang sejati juga tidak serta merta menyalahkan orang lain ketika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana. Ia lebih memilih untuk berpikir dengan kepala dingin agar bisa mendapatkan solusi.

Karyawan yang berada dalam bimbingan pemimpin sejati juga akan merasa lebih aman dan nyaman karena pemimpin yang baik memiliki visi, misi, dan tujuan yang jelas, sehingga apa yang dikerjakan terstruktur dan tidak asal-asalan. Ada beragam strategi yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang sudah ia buat.

Setiap orang sebenarnya memiliki potensi untuk menjadi pemimpin, namun tergantung diri kita sendiri, apakah ingin menjadi pemimpin biasa ataukah menjadi pemimpin sejati?

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*