Menggali Potensi Diri Sebagai Seorang Karyawan - Pranala Magni Daya

Menggali Potensi Diri Sebagai Seorang Karyawan

Setiap orang memiliki potensi diri masing-masing, akan tetapi tak semua orang bisa mengelola potensi itu sehingga menjadi sesuatu yang menghasilkan dan membuat diri semakin maju.

Ada beberapa sebab kenapa hal seperti itu bisa terjadi, salah satunya adalah ketidakmampuan memahami potensi diri yang sebenarnya. Mayoritas dari kita hanya bersikap dan bekerja sesuai dengan apa yang diperintahkan, tanpa keinginan untuk belajar lebih sehingga mengetahui lebih banyak hal.

Atau ada juga yang salah mengartikan bahwa pekerjaannya adalah potensi diri yang sebenarnya, sehingga selanjutnya malas bereksplorasi karena sudah nyaman pada zona yang dimiliki. Padahal sesungguhnya bisa jadi, potensi yang dimiliki lebih besar dan hal tersebut bisa mendatangkan keuntungan ke depannya.

Misalkan saja, seseorang sebenarnya memiliki potensi untuk menjadi seorang pemimpin, akan tetapi ia justru lebih nyaman pada posisinya yang hanya sebagai pekerja biasa. Padahal yang seperti inilah yang justru menghambat karir ke depannya. Rasa terlalu nyaman pada keadaan, dan tidak ingin menggali potensi.

Selain itu, perasaan rendah diri juga bisa menutupi potensi diri yang sebenarnya. Perasaan selalu merasa bahwa ia tidak mampu, tidak berkompeten, dan tidak layak bisa membuat potensi diri tidak terlihat. Oleh karena itu, langkah awal untuk mengetahui potensi yang dimiliki adalah bersikap percaya diri dan yakin bahwa kita memiliki potensi.

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*