Memimpin Karyawan Yang Lebih Senior ? Ini Tipsnya - Pranala Magni Daya

Memimpin Karyawan Yang Lebih Senior ? Ini Tipsnya

Saat ini usia memang bukan menjadi ukuran untuk seseorang layak atau tidaknya menjadi pemimpin. Usia muda pun banyak yang layak menjadi pemimpin dalam perusahaannya, kelompok atau komunitas. Namun ada yang perlu diingat yaitu budaya bangsa kita dimana kita sebaiknya tetap menghormati orang yang lebih tua. Nah bagaimana sebaiknya sikap kita sebagai seorang yang lebih muda saat memimpin karyawan atau tim yang usianya diatas kita ?

1. Yang pertama adalah sikap menghargai karyawan, walaupun kita sebagai seorang yang lebih muda dan menjadi pimpinan tapi ada hal yang harus kita ingat lagi, bahwa kemungkinan karyawan yang usianya lebih tua memiliki pengalaman yang lebih banyak. Kita bisa saling bertukar pendapat dan dengan menghargai mereka dari situlah kita bisa memahami karakter karyawan kita.

2. Kemudian dahulukan kepentingan tim kita dengan menyingkirkan ego dalam diri kita. Sebagai pemimpin muda kita juga harus dapat mengontrol sikap jangan sampai terlalu pamer keahlian, merasa paling bisa. Bersama-sama saling membantu dengan tim kita akan meraih prestasi yang membanggakan.

3. Selanjutnya kita dituntut untuk bisa menarik respek dari tim atau para karyawan dengan cara memberi contoh yang baik. Seperti berpenampilan rapi, datang tepat waktu, menepati janji dan sebagainya.

4. Menyiapkan mental ketika ditanya tentang usia. Mungkin akan ada timbul perasaan kurang percaya diri saat melihat para senior, tapi keragu-raguan malah akan membuat orang tidak yakin terhadap diri kita bahwa kita bisa menjadi pemimpin yang baik.

5. Bisa menjadi komunikator yang baik, kepiawaian dalam berkomunikasi menjadi salah satu hal yang paling penting untuk seorang pemimpin. Disini kita tak hanya sekedar pandai berbicara tetapi juga harus mau mendengarkan lawan bicara kita. Jadi terus tingkatkan skill berkomunikasi kita.

pranalatraining.co.id
Corporate Training, Konsultan, Seminar, Workshop, Outbound dan Event Organizer

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*