Melatih Diri untuk Mengemban Tanggung Jawab - Pranala Magni Daya

Melatih Diri untuk Mengemban Tanggung Jawab

Banyak di antara karyawan yang enggan diberi tanggung jawab lebih. Ada beberapa faktor yang mendasarinya, bisa karena sifat malas, merasa rendah diri dan tidak percaya akan kemampuan dirinya, atau bisa juga karena merasa apabila diberi tanggung jawab merupakan suatu beban.

Cara pandang bahwa tanggung jawab adalah beban ini haruslah dihindari, karena dengan tidak mau menerima tanggung jawab yang diberikan, maka kita tidak akan bisa berkembang. Kita akan terus menjadi ‘ekor’ dengan tanggung jawab kecil karena kita tidak pernah mau menjadi ‘kepala’ yang memiliki tanggung jawab besar. Lalu bagaimana agar tanggung jawab itu tidak menjadi beban? Caranya adalah lakukan dengan ikhlas dan senang hati serta penuh dedikasi.

Sikap bertanggung jawab bukan hanya milik pemimpin saja, namun karyawan biasa juga memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaannya. Apabila tidak bisa mempertanggungjawabkan pekerjaannya, bukannya tidak mungkin jika nantinya pekerjaannya akan terbengkalai.

Bertanggung jawab bukan berarti menanggung kesalahan orang lain, akan tetapi suatu sikap dimana kita berani menghadapi suatu konsekuensi atas apa yang sudah atau sedang kita lakukan.

Menjadi sosok yang penuh tanggung jawab memanglah tidak mudah. Ada hal-hal yang membuat kita malas sehingga seringkali melimpahkan tanggung jawab kepada orang lain. Padahal, orang yang bertanggung jawab adalah sosok yang banyak dicari oleh perusahaan, serta memiliki peluang besar untuk maju, berkembang, dan sukses.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*