Kelola Amarah Anda Dengan Cara Yang Bijak ! - Pranala Magni Daya

Kelola Amarah Anda Dengan Cara Yang Bijak !

Memendam atau menyimpan kemarahan tanpa mengeluarkannya bisa berdampak buruk bagi diri sendiri, mengganggu aktivitas serta mempengaruhi kesehatan. Emosi adalah keadaan pola dari kesadaran, fisiologis, dan tingkah laku yang terjadi karena diri merespon suatu keadaan yang terjadi. Nah, emosi ini terbagi dua yaitu; positif dan negatif. Emosi positif contohnya kebahagiaan, kepuasan, dan cinta. Emosi negatif yaitu perasaan sedih, marah, dan stres. Jadi rasa marah dapat terjadi karena kita sedang dalam keadaan sedih atau tertekan.

Marah merupakan perasaan yang manusiawi, namun tak baik juga jika kita melepaskan amarah dengan cara yang meledak-ledak. Maka agar hari-hari kita tetap berjalan lancar, mari kelola kemarahan dengan cara-cara berikut ini:

1. Ambil napas panjang terlebih dahulu, hitung beberapa detik sembari menenangkan hati dan pikiran. Akan ada sedikit waktu yang terbuang, namun cari ini bisa menghindari situasi semakin kacau.

2. Kenali masalah Anda; cari tahu apa yang membuat Anda marah atau kesal. Hindari negatif self-talk, kenali diri Anda, kenali masalah Anda, karena jangan sampai kita marah tanpa sebab yang jelas.

3. Mencari solusi penyelesaian masalah; kita bisa meminta bantuan atau pendapat teman, keluarga, rekan kerja. Kemudian pilih solusi terbaik yang sesuai dengan masalah kita dan yang kita yakini.

4. Evaluasi kembali solusi kita; apakah sudah berjalan dengan baik, jika belum hal apa yang menghambat dan segera perbaiki.

5. Beri reward atau penghargaan untuk diri kita; karena kita mampu meredam amarah kita, kita mampu mengontrol kata-kata sehingga tidak membuat suasana menjadi kacau.

Lakukan perubahan ke arah yang lebih baik pada diri Anda.

Empowering Values
Training – Coaching – Outbound
Contact: Farobi +62 812 9043 7971
http://pranalatraining.co.id

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*