Bagaimana Meredam Emosi saat Berpuasa ? - Pranala Magni Daya

Bagaimana Meredam Emosi saat Berpuasa ?

Puasa tidak hanya sekedar menahan haus dan lapar, agar puasa kita lebih sempurna lagi maka kita juga harus mampu mengontrol emosi. Namun perasaan haus dan lapar terkadang menjadikan seseorang lebih mudah tersulut emosi. Akan tetapi banyak sekali solusi untuk kita dapat menghadapi berbagai permasalahan dan mengendalikan emosi ketika sedang berpuasa, diantaranya:

  1. Berwudhu “Sesungguhnya marah-marah dari Setan, dan sesungguhnya setan diciptakan dari api, dan sesungguhnya api dimatikan dengan air. Maka ketika salah satu kalian marah-marah maka hendaklah berwudhu” (HR. Abu Dawud)
  2. Berinteraksi dengan hal-hal yang menyenangkan, dimana mood yang kurang baik dapat kembali ketika kita sedang berinteraksi dengan hal lucu, orang yang menyenangkan, berinteraksi dengan hewan peliharaan dan sebagainya.
  3. Berbicara dengan orang terdekat, saat terjadi masalah tidak ada salahnya kita menceritakannya kepada orang tua atau sahabat baik. Selain dapat mengumpulkan pendapat darri orang lain untuk menyelesaikan masalah, tentu beban pikiran juga menjadi lebih ringan.
  4. Mendengarkan lantunan Al-Quran, ini dapat dilakukan ketika tekanan pekerjaan yang mulai memancing emosi.
  5. Ubah pola pikir, emosi biasanya terjadi karena seseorang selalu memikirkan hal yang negative dan menyingkirkan rasa bahagia. Kecemasan, kegagalan, hingga rasa pesimis dapat memicu tingkat emosi Anda. Cobalah untuk membuat beberapa pilihan sebelum bertindak. Persiapan akan membuahkan hasil yang baik bagi diri Anda.
  6. Hindari Dehidrasi, Sebuah penelitian menemukan bahwa kurangnya konsumsi air setiap hari akan membuat seseorang (terutama wanita) menjadi cepat marah. Dehidrasi membuat emosi tidak stabil tanpa sebab yang jelas. Karena itu, sebaiknya Anda penuhi kebutuhan tubuh akan air pada saat sahur dan berbuka puasa.

Nah sahabat itulah sebagian cara-cara untuk meredam emosi saat berpuasa, mari kita sambut Bulan Ramadhan ini dengan penuh suka cita, Kami segenap tim Pranala Training mengucapka Selamat Berpuasa, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*