Bagaimana Membuat Komunikasi Jadi Lebih Efektif ?

Bagaimana Membuat Komunikasi Jadi Lebih Efektif ?

Jakarta, 2 Juli 2018 – Komunikasi adalah hal yang utama, dalam dunia kerja komunikasi tidak bisa dianggap sepele karena akan berpengaruh pada kredibilitas dan produktivitas kerja. Ilmu komunikasi sendiri adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang cara menyampaikan sebuah informasi baik ide atau gagasan dari satu orang kepada orang lain yang dilakukan menggunakan media, entah itu media tulisan, lisan, atau media yang lainnya.

Lalu bagaimana agar komunikasi dapat berjalan dengan efektif, berikut cara-caranya:

1. Jadikan hal rumit menjadi lebih sederhana; sebagai tim atau bagian dari perusahaan sebaiknya kita bisa menyampaikan informasi yang jelas kepada atasan, rekan kerja maupun klien. Maka rajinlah berlatih untuk menyusun kata-kata menjadi sederhana dan mudah dipahami.

2. Bisa mengatasi konflik dengan diplomasi; masalah, konflik akan selalu ada muncul di setiap pekerjaan. Mungkin untuk kasus-kasus kecil masih mudah untuk diatasi. Namun sebaiknya masalah kecil ini bisa dihentikan dengan cara memperbaiki cara komunikasi di perusahaan.

3. Bicara langsung; seringkali orang beranggapan komunikasi lewat tulisan (email,chat) lebih mudah dibanding bicara langsung. Tapi ada kalanya komunikasi langsung menjadi penting karena komunikasi lewat tulisan kita tidak dapat saling melihat ekspresi wajah juga bahasa tubuh lawan bicara.

4. Pahami budaya komunikasi perusahaan; Di era teknologi seperti sekarang ini kitamemiliki akses yang mudah untuk berkomunikasi dengan semua orang baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Melihat hal ini tentu kita memiliki banyak peluang untuk berkenalan dan menjalin kerjsama dengan orang-orang di negara lain. Maka kita bisa mencari tahu terlebih dahulu budaya komunikasi mereka sebelum melakukan pembicaraan. Caranya bisa dengan mencari tahu di media internet dan media sosial yang ada.

pranalatraining.co.id
Corporate Training, Konsultan, Seminar, Workshop, Outbound dan Event Organizer

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*