Apa Saja Formula Komunikasi yang Efektif ? - Pranala Magni Daya

Apa Saja Formula Komunikasi yang Efektif ?

Mungkin kita sering berfikir mengapa ada orang-orang yang lebih berhasil daripada yang lain dalam kehidupan pribadi dan lingkungan profesional mereka? Mungkin beberapa dari mereka memiliki hubungan yang baik dengan pasangan dan anak-anaknya, namun memiliki banyak masalah komunikasi di kantor: seperti masalah dengan bos, hubungan kurang baik dengan rekan kerja, memiliki konflik dengan manajer dan staf lainnya. Begitu juga sebaliknya.

Akar penyebab masalah adalah komunikasi atau lebih tepatnya: komunikasi yang efektif. Jika terjadi masalah komunikasi , pertanyaannya: apa yang salah?

KOMUNIKASI YANG TIDAK EFEKTIF = KEPENTINGAN DIRI SENDIRI + MINAT ORANG LAIN – FAKTOR LAIN YANG MENGGANGGU

  1. KEPENTINGAN DIRI SENDIRI

Ketika orang berkomunikasi, kepentingan pribadi mungkin merupakan alasan utama untuk komunikasi. Yang satu jauh lebih tertarik pada minatnya sendiri daripada kepentingan orang lain. Karena alasan ini, komunikasi jarang efektif karena seseorang tidak berusaha menemukan titik temu dalam proses interaksi tetapi hanya mencari cara untuk memenuhi kepentingan jangka pendek.

  1. MINAT ORANG LAIN

Minat orang lain mungkin menjadi salah satu masalah paling penting dalam kebanyakan buku tentang komunikasi yang efektif. Kemampuan untuk mendengarkan, mendapatkan dan memberikan umpan balik, mengendalikan kemarahan (“manajemen kemarahan”), resolusi konflik, manajemen stres, dll.

Bagaimana seseorang dapat menemukan kepentingan orang lain? Ini membutuhkan pendekatan proaktif dari kedua belah pihak. Dua strategi ini mungkin bisa membantu. Strategi pertama disebut strategi persetujuan PAIR: Tenangkan (dengarkan, berempati, tanggapi dengan perhatian); Hadir (ke yang lain); Selidiki (keadaan detail masalah); Selesaikan (putuskan tindakan yang harus diambil). Strategi kedua disebut metode lima langkah: dengarkan, tanggapi, putuskan tindakan, ambil tindakan dan tindak lanjuti.

  1. FAKTOR PENGGANGGU

Unsur ketiga dari komunikasi yang efektif adalah: bagaimana menghilangkan faktor-faktor yang mengganggu atau mengatasi hambatan komunikasi. Pada dasarnya ada enam jenis penghalang antara orang yang berkomunikasi satu sama lain: perbedaan dalam persepsi, penyaringan yang salah, masalah bahasa, pendengaran yang buruk, perbedaan keadaan emosi, dan latar belakang yang berbeda. Untuk mengatasi hambatan-hambatan ini, seseorang harus bersedia untuk menghindari persepsi selektif, mencerna pesan ke hal-hal penting, menggunakan kata-kata yang spesifik dan akurat, selalu memverifikasi interpretasi kita tentang apa yang telah dikatakan, sadar akan perasaan yang muncul dalam diri kita, orang lain saat kita berkomunikasi, dan berusaha mengendalikan.

Proses negosiasi, akhirnya menjadi hal yang cukup penting. Ada yang menawarkan proses yang menghasilkan keuntungan bersama untuk masing-masing pihak. Mereka menekankan kepentingan bersama, mengembangkan hubungan kolaboratif, dan bernegosiasi dengan cara yang menyenangkan dan kooperatif.

Sources: Martin Hahn

Empowering Values⠀
Training – Coaching – Outbound⠀
Contact: Farobi +62 812 9043 7971⠀
www.pranalatraining.co.id

Pranala(5)

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*